Apa sih yang Membuat Kalian Bosan? dan Bagaimana Cara Kalian Mengatasi Kebosanan Itu??

Source: Hipwee

Setiap orang pasti pernah merasakan yang namanya bosan atau suntuk. Mungkin karena kesibukan kita yang sifatnya monoton dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Bisa jadi otak dan badan kita kelelahan karena selalu kita forsir. Ibarat kuda yang dipecuti setiap harinya. Bosan itu sendiri merupakan keadaan dimana fikiran kita menginginkan suatu perubahan, dan mendapatkan sesuatu yang baru. Ada banyak faktor yang bisa membuat kita merasa bosan dan suntuk.

Disini saya akan menceritakan 4 hal yang biasanya bikin saya bosan dan bagaimana saya mengatasi kebosanan saya.

Melakukan Kegiatan yang Monoton

Ketika setiap hari saya hanya melakukan kegiatan-kegiatan yang sama, alias monoton, saya akan cepat merasa bosan. Misalnya hanya melakukan kegiatan belajar setiap hari. Hal ini saya alami ketika masih menjadi seorang pelajar, terutama ketika mau menjelang tes atau ujian. Hari-hari sebelum ujian hanya diisi dengan tumpukan buku-buku. Hal itu sangat membuatku bosan dan suntuk. Kalau  untuk saat ini, yang membuatku suntuk adalah pekerjaan yang monoton. Setiap hari melakukan rutinitas kerja yang sama.

Jika kita belajar, bekerja, dan melakukan kegiatan sehari-hari yang itu-itu aja, tanpa ada perubahan, jelas sekali akan membuat kita cepat merasakan bosan, bukan?. Jadi, alangkah baiknya kita merubah atau memberikan  fariasi pada kegiatan-kegiatan kita, agar kita tidak cepat merasa jenuh dengan rutinitas hidup kita. Seperti halnya kita setiap hari makan nasi, tapi tidak merasakan bosan, karena adanya sayur dan lauk yang berbeda-beda setip harinya. 

Cara saya mengatasi kebosanan yang disebabkan oleh rutinitas hidup yang monoton adalah dengan memberikan inovasi pada kegiatan tersebut. Karena terkadang rutinitas tersebut merupakan kegiatan yang mau tidak mau harus kita lakukan. Misalnya kalau kita seorang pelajar, kegiatan belajar adalah suatu keharusan yang tidak bisa kita tinggalkan. Atau kalau kita seorang pekerja, mau tidak mau kita harus melakukan tugas atau pekerjaan kita, meskipun itu membosankan karena pekerjaannya sama setiap harinya.  

Kebanyakan orang ketika belajar pasti memilih tempat yang sepi, sendirian, hanya ditemani oleh setumpuk buku, katanya si biar bisa konsentrasi dan cepat masuk materinya. Cara belajar seperti ini dijamin cepat membuat kita bosan, yakin deh. Cobalah dengan merubah cara belajar kalian. Misal dengan mengajak teman untuk belajar bareng. Selain bisa untuk saling tukar pemikiran lewat diskusi, belajar bersama minimal bisa mengurangi rasa kantuk ketika belajar. Mengerjakan soal-soal secara online juga merupakan salah satu variasi belajar yang bisa kalian coba untuk menghilangkan kebosanan dalam belajar.

Mengerjakan pekerjaan yang sama setiap hari sangat membuatku bosan. Tapi mau tidak mau itu harus aku lakuakan, karena itu adalah pekerjaan saya. Ketika saya bosan dengan pekerjaanku, biasanya saya jalan-jalan keliling kantor, menyapa teman sekantor untuk sekedar menghilangkan penat. Saya juga seringkali bekerja sambil mendengarkan musik, agar otak tidak terlalu spaneng ketika bekerja.  

Tidak ada kerjaan/ menganggur

Banyak pekerjaan bosan, tidak ada pekerjaan juga bosan. Lalu pengennya gimana? hehe, ya itulah manausia.  Jika kita tidak ada kerjaan/ menganggur, tidak tahu harus melakukan apa, jelas sekali kalian akan merasa bosan. Berdiam diri terus di rumah, tidak ada kegiatan yang dilakukan pasti kita akan merasakan suntuk dan jenuh dengan kehidupan kita. Maka dari itu, kita perlu merubah sikap dan tingkah laku kita. Lakukanlah suatu pekerjaan, meskipun hanya sekedar membersihkan rumah kalian sendiri.

Cara yang biasa saya lakukan untuk mengatasi kebosanan karena gak ada kerjaan adalah melakukan hobi saya. Kebetulan hobi saya adalah jalan-jalan ke tempat yang sejuk dan alami. Jadi, ketika weekend tidak ada kerjaan, biasanya saya mengajak teman-teman untuk main ke suatu tempat yang pemandangannya sejuk. Itung-itung sekalian refresh otak biar tambah fresh.  

Tidak suka dengan suatu hal

Ketika kita disuruh untuk melakukan sesuatu yang tidak kita sukai, pasti kita akan merasa malas, jenuh dan bosan untuk melakukannya.  Ketika dalam kondisi seperti ini, biasanya saya akan menyerah dengan hal tersebut, tapi dengan catatan kalau hal yang tidak saya sukai ini memang bisa diganti dengan yang lainnya. Tapi jika memang hal tersebut sudah merupakan suatu keharusan yang mau tidak mau harus dikerjakan, ya mau gimana lagi, harus tetap saya lakukan. Misalnyanya saja saya tidak menyukai mata pelajaran bahasa inggris. Ketika ada jam mata peajaran bahasa inggris, ya saya harus tetap mengikutinya. Meskipun kadang dengan sedikit ogah-ogahan. Salah satu cara untuk menangani hal ini biasanya saya mencoba mensugesti diri saya bahwa segala sesuatu yang tidak kamu sukai belum tentu akan berdampak buruk pada saya, justru mungkin dari hal yang tidak kamu sukai itu bisa memberikan hal yang baik untuk diri saya di kemudian hari. Nah, kata-kata itu yang selalu bisa menguatkan saya ketika saya harus melakukan sesuatu yang tidak saya sukai.

Menunggu

Menunggu memang sesuatu yang tidak menyenangkan, dan sangat cepat membuat kita merasa bosan. Apalagi kalau menunggunya sendirian, tidak ada teman atau orang yang bisa diajak ngobrol, berasa garing gimanaa gitu. Agar tidak bosan dalam menunggu, biasanya saya main game di HP atau ngechat temen, biar setidaknya ada sesuatu yang bisa saya  lakukan, nggak bengong kayak orang bingung hehe.


Itulah beberapa hal yang biasanya bikin saya bosan dan jenuh, bagaimana dengan kalian sobat? Hal apa yang bikin kalian bosan dan jenuh, dan bagaimana cara kalian mengatasinya???

0 Response to "Apa sih yang Membuat Kalian Bosan? dan Bagaimana Cara Kalian Mengatasi Kebosanan Itu??"

Post a Comment