Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk Dengan Buku Kesadaran (Awareness Book)

Setiap orang pastinya mempunyai kebiasaan-kebiasaan buruk dalam hidupnya. Sebenarnya ada banyak sekali kebiasaan  buruk, tapi di sini saya hanya akan menyebutkan 4 dari sekian banyak kebiasaan buruk yang ada. 4 Kebiasaan buruk ini  merupakan   kebiasaan yang kebanyakan orang sering lakukan, dan kebiasaan ini bisa berdampak pada  kehidupan kita, karir kita, dan juga dapat menghambat masa depan kita .
4 kebiasaan buruk tersebut antara lain:

1.     Kebiasaan suka menyalahkan
Fenomena saling menyalahkan sering kita dapati dalam kehiduan sehari-hari, apalagi dalam dunia kerja, biasanya hal ini sering terjadi. Ketika dihadapkan pada suatu masalah,  saling menyalahkan bukanlah sikap yang tepat. Janganlah berfokus pada siapa yang salah tapi fokuslah untuk mencari solusi bagaimana agar masalah tersebut bisa terselesaikan. Jika Anda ingin sukses dalam kehidupan Anda, maka berhentilah untuk saling menyalahkan. Ingat, salah satu ciri orang yang sukses adaah mereka yang bertanggung jawab atas pekerjaan mereka dan juga masalah yang dibuatnya, bukan mereka yang melemparkan tanggungjawabnya kepada orang lain.

2.     Kebiasaan Suka mencari alasan
Ada sebuah pepatah yang mengatakan bahwa “orang sukses selau mencari jalan, orang gagal selalu mencari alasan. Orang suskses selalu kelebihan satu jalan, sedangkan orang gagal selalu kelebihan satu alasan.” Jika Anda ingin sukses dalam hidup, maka berhentilah mencari-cari alasan, mulailah melangkah maju untuk mencari jalan kesukesan.

3.     Kebiasaan suka komplain/ mengeluh
Suka mengeluh merupakan kebiasaan yang menghinggapi hampir semua orang di seLuruh dunia.  Bahkan di Indonesia sendiri, kalau kita cermati, mayoritas status-status medsos mereka berisi keluh kesah atau  status galau. Padahal mengeluh tidak akan menyelesaikan masaah, yang ada malah menambah beban mental yang semakin berat.

4.     Kebiasaan suka gosip
Kebiasaan buruk ini biasanya identik dengan kaum wanita. Entah disadari ataupun tidak, ketika para ibu-ibu atau para wanita sudah berkumpul bareng biasanya hampir sebagian besar isi obrolannya adalah gosip (pengalaman pribadi hehe). Ini memang kebiasaan yang mungkin sangat susah untuk dihilangkan.  Tapi, susah bukan berarti tidak bisa, bukan? asal ada usaha pasti bisa.

Nah, ini ada tips yang sangat sederhana dan cukup mudah untuk menghilangkan kebiasaan buruk di atas. Seorang motivator, Candra Putra Negara (Founder of Succes Before 30 Community) melalui channel youtubnya memberikan tips ampuh untuk mengurangi kebiasaan-kebiasaan buruk dalam kehidupan kita. Caranya adalah menggunakan sebuah Buku Kesadaran (Awareness Book)”. Buku ini merupakan sebuah buku yang berfungsi untuk meningkatkan kesadaran kita akan kebiasaan-kebiasaan kita. Buku ini berisikan kebiasaan buruk dan kebiasaan baik kita.

buku kesadaran

Cara kerja buku kesadaran ini sangatlah mudah. Cukup anda tuliskan setiap kebiasaan yang anda lakukan dalam keseharian anda, baik yang buruk maupun yang baik. Apabia Anda melakukan kebiasaan buruk, misal mengumpat, mengeluh, maka akan Anda catat di kolom kebiasaan buruk. jam berapa, tanggal berapa, hari apa, di tuliskan. Tuliskan semuanya tanpa terkecuali. Kebiasaan positif misalnya, saya bersyukur hari ini, saya memuji orang hari ini, saya membaca buku positif hari ini, saya mendengarkan kata-kata yang membangun hari ini, maka kita tuliskan pada kolom kebiasaan positif. Dalam sehari lakukanlah sebuah evauasi, apakah dalam hari itu lebih banyak kebiasaan buruk yang dilakukan, ataukah kebiasaan baik yang dilakukan.

Dengan melihat buku kesadaran tersebut, Anda bisa meniai sendiri diri Anda dalam hari itu. Tujuan dari buku ini adalah untuk meningkatkan kesadaran Anda. Ketika Anda melakukan evaluasi dan mendapati bahwa poin kebiasaan buruk lebih banyak, Anda akan tersadar wah ternyata saya masih banyak meakukan hal-hal buruk, hari besok harus dikurangi kebiasaan buruknya. Nah, ini yang dimaksudkan dari buku ini, untuk meningkatkan kesadaran seseorang akan kebiasaan-kebiasaaanya. Ketika kesadaran kita meningkat, maka secara sendirinya, nanti kebiasaan-kebiasaan buruk kita akan terkurangi. dan secara otomatis kebiasaan-keiasaan positif Anda akan meningkat. Ketika hari-hari Anda dipenuhi dengan hal-hal positif, maka hari Anda akan menjadi baik.  Agar kebiasaan buruk anda benar-benar bisa berkurang, syukur-syukur hiang, coba praktekkan buku kesadaran ini selama 30 hari berturut-turut, niscaya kebiasaan buruk kita akan berkurang banyak. 


Demikian tips yang saya dapatkan dari channenya bapak Chandra Nata Negara, Semoga bisa bermanfaat, khususnya buat diri saya sendiri, dan juga teman-teman semuanya.


“Manusia terbaik adalah mereka yang bermanfaat bagi sesamanya. Mencoba berbagi kebermanfaatan meski hanya lewat kata-kata”

1 Response to "Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk Dengan Buku Kesadaran (Awareness Book)"

  1. Assalamualaikum warahmatullahi wabarrakatuh, saya mau nanya pak biasaya harga buku kesadaran yg Abang beli itu berapa



    ReplyDelete