Lirik Lagu, Terjemahan, dan Kandungan Makna Lagu Sluku-Sluku Bathok

Sluku-Sluku Bathok

Sluku-Sluku Bathok
(Ayun-ayun kepala)
Bathoke Ela-Elo
(Kepalanya geleng-geleng)
Si Rama Menyang Solo
(Si Bapak Pergi ke Solo)
Oleh-olehe Payung Mutho
(Oleh-olehnya payung mutha)
Mak Jenthit Lolo Lo Bah
(Secara tiba-tiba bergerak)
Yen Mati Ora Obah
(Orang mati tidak bergerak)
Yen Obah Medeni Bocah
(Kalau bergerak menakuti orang)
Yen Urip Goleko Duwit
(Kalau hidup carilah orang)

Kandungan Makna:

Sluku-sluku bathok, hidup itu tidak boleh dihabiskan hanya untuk bekerja saja, kala waktunya istirahat ya istirahat, untuk menjaga jiwa dan raga agar selalu dalam kondisi yang seimbang, Bathok (kepala) kita ini perlu beristirahat untuk memaksimalkan kemampuannya.

Bathoke Ela-Elo, dengan berdzikir (ela elo, Laa ilaaha ilalloh) dengan mengingat Allah, syaraf Neuron di otak kita akan mengendur, ingatlah Allah, dengan mengingat-Nya, hati menjadi tenteram.

Si Rama Menyang Solo, yaitu siram (Mandilah, Bersucilah) menyang (menuju) Solo (Sholat), lalu bersuci dan dirikan sholat.

Oleh-olehe payung mutho, kita akan mendapatkan perlindungan (payung) dari Allah swt.

Mak Jenthit Lolo lo Bah, kematian itu datangnya tiba-tiba, tak ada yang tahu kapan datang, tak dapat kita prediksi dan tak dapat juga dikira-kira, tidak bisa dimajukan maupun dimundurkan.

Wong mati ora obah, saat kematian itu datang, semua sudah terlambat, kesempatan untuk beramal telah hilang.

Yen obah medeni bocah, banyak jiwa yang rindu untuk kembali kepada Allah dan mereka ingin dihidupkan, tapi Allah tak mengijinkannya. Jika mayat hidup kembali maka bentuknya pastilah menakutkan dan mudhorotnya akan lebih besar.


Yen urip goleko duwit, kesempatan untuk beramal hanya ada di saat sekarang (selagi mampu dan ada waktu) bukannya dinanti (ketidakmampuan dan hilangnya kesempatan) tempat beramal hanya di sisni (dunia) bukan di sana (Akherat). Di sana bukanlah tempat beramal (bercocok tanam), tapi tempat untuk memetik hasil (panen raya).

sumber: www.kumpulanlagudaerah.web.id

0 Response to "Lirik Lagu, Terjemahan, dan Kandungan Makna Lagu Sluku-Sluku Bathok"

Post a Comment