Beberapa Teori Masuknya Hindu ke Indonesia

a.     Teori Brahmana
Menurut teori Brahmana, agama Hindu dibawa ke Indonesia oleh para Brahmana. Para Brahmana diundang ke Indonesia untuk memimpin upacara Vratyastoma, yaitu upacara untuk mengesahkan para pengusaha masuk ke dalam kasta Ksatria. Pendapat ini didukung oleh Van Leur.
b.     Teori Ksatria
Teori Ksatria mengatakan bahwa agama Hindu dibawa ke Indonesia oleh para bangsawan yang terdiri para prajurit. Pendapat ini didukung oleh C.C. Berg.
c.      Teori Waisya
Teori Waisya menyatakan bahwa Hindu dibawa ke Indonesia oleh para pedagang dari India. Pendapat ini didukung oleh N.J. Krom.
d.     Teori Sudra
Teori Sudra mengungkapkan bahwa peperangan yang terjadi di India telah menyebabkan golongan sudra menjadi orang buangan. Mereka kemudian meninggalkan India dan mengikuti kaum Waisya dalam jumlah besar. Dengan demikian, budaya golongan sudra yang berperan besar dalam menyebarkan agama dan kebudayaan Hindu di Indonesia. Teori ini didukung oleh Von Van Fabir.
e.     Teori Arus Balik
Teori ini menyatakan bahwa Hindu dibawa ke Indonesia oleh orang-orang Indonesia yang belajar ajaran Hindu di India, kemudian setelah pulang menyebarkannya kepada masyarakat. Teori ini didukung oleh F.D.K. Bosch.

Dari beberapa teori di atas dapat disimpulkan bahwa teori Brahmana yang paling mendekati kebenaran, sebab hanya kaum brahmana yang berhak dan boleh mempelajari kitab Hindu sehingga hanya melalui kaum Brahmana agama Hindu dapat menyebar di Indonesia. 

         Sumber: Suherman,S.S.IPS Terpadu Untuk SMP/ Mts Kelas 7B.Sukoharjo:CV KESOWO

0 Response to "Beberapa Teori Masuknya Hindu ke Indonesia"

Post a Comment