PANTAI MENGANTI, Perpaduan Birunya Laut dan Hijaunya Perbukitan dipoles dengan Putihnya Pasir


Pantai merupakan destinasi liburan yang sangat cocok untuk refreshing. Segarnya deburan ombak, birunya air laut yang berpadu dengan birunya langit, ditambah lagi hijaunya pemandangan di tepian pantai sangat cocok untuk merefresh otak yang penat akan rutinitas kerja bagi pekerja, atau rutinitas tugas sekolah bagi para pelajar.

Kebumen merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang terletak di pesisir selatan Pulau Jawa. Sudah bukan rahasia lagi kalau Kebumen kaya akan tempat wisata, terutama pantainya. Berjajar-jajar pantai menjulang dari ujung pesisir barat Kebumen, yang berbatasan dengan Kabupaten Cilacap, dan di ujung pesisir  timur dengan Kabupaten Purworejo. Mulai dari Pantai Ayah, Pantai  Karangbolong, Pantai Menganti, Pantai Suwuk, Pantai Petanahan, dan masih banyak lagi.



Salah satu pantai yang sedang ramai dibincangkan di sosial media adalah Pantai Menganti. Pasirnya yang putih, gundukan batu-batu karang, deretan bukit yang hijau dengan banyak pondok peristirahatan  diatasnya, serta puluhan kapal nelayan yang berjajar-jajar menjadi ciri khas pantai ini.

Pantai Menganti ini terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Berjarak kira-kira 35 Km dari Kecamatan Gombong. Untuk menjangkau pantai ini, pengunjung hendaknya menggunakan kendaraan pribadi, karena sampai saat ini belum ada kendaraan umum yang sampai ke lokasi Pantai Menganti.



Selain disuguhi pemandangan alam, di sana juga disediakan beberapa spot foto yang cukup ciamik. Sangat sayang jika Anda berkunjung tanpa mengabadikan foto di sana. Diantaranya ada menara mercusuar setinggi 20 m peninggalan Belanda, yang dibangun pada tahun 1912-1915. Selain menara, ada juga spot lainnya, yaitu Jembatan Merah Gebyuran yang dihiasi dengan ornamen bunga, serta Gubug/Gazebo yang tak kalah unik untuk dijadikan spot foto.
Ada satu hal lagi yang jarang ditemui yang akan Anda temui di Pantai Menganti, yang tidak akan ditemui di sembarang pantai. Pantai menganti ini juga dijadikan tempat mendaratnya para nelayan yang habis melaut, sehingga Anda bisa membeli ikan yang masih segar dari nelayan untuk dijadikan oleh-oleh.




Untuk bisa masuk ke Pantai ini, Anda tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak. Tiket masuk ke Pantai Menganti hanya 10.000 per orang, cukup terjangkau bukan?. Nah, kalau berwisata pasti akan merasakan yang namanya lelah dan lapar. Eits jangan khawatir, di Pantai Menganti ini, Anda akan menemukan banyak warung atau tempat makan, dan juga gazebo-gazebo atau gubug-gubug peristirahatan. Gubug-gubug ini menghadap langsung ke arah laut, sehingga Anda bisa menikmati pemandangan laut lepas sambil istirahat dan menikmati makanan Anda. Selain warung makan dan gazebo peristirahatan, ada beberapa fasilitas lagi yang ditawarkan oleh pengelolan Pantai Menganti, seperti tempat parkir yang luas, Toilet, Camping Ground, dan juga tempat penginapan. So, bagi Anda yang ingin berlama-lama di obyek wisata ini tidak perlu khawatir mau menginap dimana.





Oke, sekian informasi dari saya mengenai obyek wisata Pantai Menganti, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi Anda.

0 Response to "PANTAI MENGANTI, Perpaduan Birunya Laut dan Hijaunya Perbukitan dipoles dengan Putihnya Pasir"

Post a Comment